header-int

AKREDITASI PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Senin, 02 Jul 2018, 08:33:58 WIB - 55 View
Share
AKREDITASI PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

DUA asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) hari ini (29/6) turun ke kampus IAIN Jember dalam rangka asesmen lapangan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah. Mereka adalah Dr Najahan Musyafak MA dari UIN Walisongo dan Dr Suwandi Sumartias MSi dari Universitas Padjadjaran Bandung. Keduanya mendapat tugas untuk menilai kualitas penyelenggaran pendidikan Prodi KPI yang sudah berusia 21 tahun. 

Kegiatan ini merupakan akreditasi ketiga yang dilakukan BANPT selama Prodi KPI ada di IAIN Jember. Karena itu, Rektor IAIN Jember Prof Babun Soeharto berharap, akreditasi kali ini dapat nilai maksimal. Sebab, Prodi KPI sekarang mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Diantaranya didukung oleh akademisi dan praktisi yang cukup kompeten di bidangnya. Diantaranya praktisi media yang sudah berpengalaman dari Jawa Pos Radar Jember, Jtv, Radio Prosalina, Kompas.com dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

“Termasuk juga didukung dengan penambahan fasilitas untuk menunjang pembelajaran seperti laboratorium audio visual, penyiaran n fotografi,” ungkap Dekan Fakultas Dakwah Dr Ahidul Asror.

Selain melengkapi fasilitas berupa stasiun radio, IAIN kini juga memiliki stasiun televisi untuk praktik kepenyiaran mahasiswa. 

“Termasuk menjalin kerjasama dengan media cetak n elektronik,” tambahnya. 

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan sebelum penilaian dimulai, Najahan menyampaikan, visitasi ini  sifatnya mengkroscek data-data yang dinarasikan di dalam borang. “Apalah sesuai dengan bukti-bukti n data-data yang ada di lapangan,” ujarnya.

Kalau memang data-datanya sudah sesuai dengan yang ditampilkan n ada peningkatan kualitas dibandingkan lima tahun sebelumnya, maka dipastikan nilai akreditasinya akan maksimal.

“Kami datang ke sini cuma mengroscek secara faktual dengan data yang ada di borang. Jadi, jangan takut,” tukas Najahan.

Kegiatan visitasi dalam rangka asesmen lapangan Prodi KPI ini berlangsung hingga malam hari. Bahkan, Dilanjut pada hari berikutnya. 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Fakultas Dakwah IAIN Jember Follow Fakultas Dakwah IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube