header-int

LSP Kemensos RI Dihadirkan Untuk Mengisi Pembekalan PPL Mahasiswa Fakultas Dakwah 2021

Kamis, 07 Okt 2021, 14:18:37 WIB - 134 View
Share
LSP Kemensos RI Dihadirkan Untuk Mengisi Pembekalan PPL Mahasiswa Fakultas Dakwah 2021

Acara pembekalan PPL Fakultas Dakwah sukses terselenggara pada hari Senin, 04 Oktober 2021. Acara dilakukan secara online pada ruang virtual zoom meeting. Rangkaian acara Pembekalan PPL dilakukan mulai jam 08.00 WIB hingga jam 15.00. Dr. Minan Jauhari, M.Si selaku Ketua Panitia PPL Fakultas Dakwah Tahun 2021 melaporkan bahwa peserta PPL diikuti oleh 305 mahasiswa dari beberapa program studi yang ada di Fakultas Dakwah yaitu Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD), dan Psikologi Islam (PI). Ketua panitia PPL juga melaporkan bahwa terdapat 90 instansi lokasi PPL mahasiswa Fakultas Dakwah yang tersebar di beberapa daerah baik di dalam negeri hingga luar negeri di Narathiwat, Thailand. ”Suasana pandemi tidak menyurutkan semangat PPL mahasiswa Fakultas Dakwah, mereka diberi keleluasaan untuk memilih lokasi PPL sendiri sesuai dengan pertimbangan tetap menjalankan protokol kesehatan disekitar lingkungan masing-masing” Ucap Dr. Minan Jauhari, M.Si saat laporan pembekalan. Selanjutnya Dekan Fakultas Dakwah Prof. Dr. Ahidul Asror membuka secara resmi acara pembekalan sekaligus melepas mahasiswa PPL Fakultas Dakwah secara simbolik. Beliau juga sedikit berpesan kepada 305 peserta PPL Fakultas Dakwah untuk menjaga nama baik kampus dan Lembaga. Prof. Asror sedikit mengingatkan esensi merdeka belajar di era sekarang yang sedikit mengutip kata-kata Mas Menteri Nadiem Makarim “Saat ini, Indonesia sedang memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi. Kita memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya, akreditasi tidak menjamin mutu, kita memasuki era dimana masuk kelas tidak menjamin belajar”, ucap Beliau. Pesan tersebut untuk membangkitkan semangat mahasiswa PPL Fakultas Dakwah dalam berproses belajar dan mencari esensi merdeka belajar ketika di berada luar kampus.

Acara inti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Dakwah Semester Ganjil Tahun 2021 menghadirkan pembicara kelas nasional yaitu dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kementerian Sosial Republik Indonesia, Beliau yaitu Dr. Rudi Saprudin Darwis, M.Si. Pemateri inti ini menjabat sebagai Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kemensos RI (2020-2024), selain itu Beliau juga merupakan dosen di Universitas Padjadjaran Bandung. Penyampaian materi yang sangat menarik dan sesuai kebutuhan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja membuat jalannya pembekalan berlangsung seru dan ada sesi diskusi dan tanya jawab. Pak Rudi berpesan ”untuk membangun strategi luaran mahasiswa atau lulusan supaya cepat terserap di dunia kerja, diperlukan penguatan kelembagaan dan saluran sertifikasi sebagai pengantar atau bukti pendukung ketika melamar kerja”.

Acara selanjutnya di isi oleh pembekalan masing-masing program studi melalui breakout zoom menjadi 5 prodi. Hal ini diharapkan pembekalan lebih focus pada kajian teknis keilmuan prodi masing-masing, yaitu Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen dakwah, dan Psikologi Islam. Acara ditutup dengan pembekalan oleh masing-masing DPL yang diisi penjelasan teknis ke lokasi Lembaga masing-masing. Praktik Pengalaman Lapangan ini ditempuh dengan beban 3 SKS dalam waktu minimal 1,5 bulan dan maksimal 3 bulan sesuai kebutuhan instansi yang dituju. Kegiatan PPL ini secara resmi berakhir hingga tanggal 19 November 2021 (waktu minimal). Semoga mahasiswa PPL Fakultas Dakwah dapat belajar dan mampu beradaptasi dengan baik di tempat praktik masing-masing. (Panitia PPL)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube